Bupati Inhu Buka  Festival Pacu Sampan Secara Resmi Desa Danau Baru

 


Pakarnewsriau - INHU - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE secara resmi membuka Festival Pacu Sampan Tradisional Rayon II tingkat Kabupaten Indragiri Hulu yang dipusatkan di Tepian Kuale Pintas Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat, Kamis (18/07/2024).


Kehadiran Bupati Indragiri Hulu disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Rengat Barat, selain menyaksikan pembukaan festival pacu sampan, Bupati Inhu juga disuguhkan penampilan tari kreasi dari Anak-anak Sekolah Dasar Negeri 003 Danau Baru Kecamatan Rengat Barat sehingga menambah kemeriahan pembukaan tersebut. 


Sebelum melepas jalur pertama tanda dimulainya pacu sampan tradisional ini, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani juga menyempatkan diri untuk melepaskan bibit ikan secara langsung di tepian Kuale Pintas Desa Danau Baru. 


Dalam sambutannya, Bupati Inhu menyampaikan pacu sampan tidak hanya sekedar lomba untuk siapa yang berhasil menjadi juara, pacu sampan juga banyak mengandung nilai-nilai luhur seperti nilai religius, gotong royong, kejujuran, kekompakan hingga nilai estetika atau seni. 


"Dengan bangga Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu kembali menyelenggarakan Festival Pacu Sampan Tradisional Tahun 2024 dengan harapan agar tradisi ini terus berkembang dan melahirkan prestasi," Ujar Rezita. 


Beliau juga menyampaikan harapannya selain sebagai pemersatu bagi masyarakat , pacu sampan tradisional juga diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia pariwisata sekaligus menjadikan event tahunan ini sebagai destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan baik domestik maupun dari daerah lainnya untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hulu. 


Diakhir sambutannya, Bupati Inhu berharap melalui menyelenggaraan festival pacu sampan tradisional ini semoga mampu menjadi triger dan menumbuhkan kembali semangat para atlet dengan menunjukkan kemampuan terbaik dan fokus pada satu tujuan yakni pencapaian prestasi. 


"Mari kita sukseskan Festival Pacu Sampan Tradisional tahun 2024 ini demi mewujudkan kemajuan dunia olahraga dan pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu," ajak Rezita kepada Masyarakat yang hadir


Festival Pacu Sampan Tradisional di Tepian Kuale Pintas Desa Danau Baru Kec. Rengat Barat akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 18 sampai dengan 21 Juni 2024, dimana pada 18 s/d 19 Juli 2024 diselenggarakan Pacu Sampan Godang (sampan besar) yang diikuti 20 Sampan dan dilanjutkan Pacu Sampan Kocik (Sampan Kecil) pada 20 s/d 21 Juli 2024. 19/07/24. PINTEN S.

Editor : Jhon 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama